Saturday, April 4, 2009

Untuk Penggemar Kuliner

Bagi penggemar kuliner, pasti mengetahui betapa lezatnya makanan yang mengandung minyak atau lemak. Selain itu juga akan memberikan tekstur yang menarik. Pasti menggoda orang untuk memcicipinya. Tetapi bukan berarti myQers bebas mengkonsumsinya. Salah-salah bukan nyaman yang didapat tetapi penyakit yang datang.

Meskipun ditakuti (bahkan dibenci?), bukan berarti kolesterol tidak mempunyai fungsi. Dia bukan produk buangan tubuh tetapi mempunyai funsi yang penting. Dia merupakan hasil produksi lemak darah oleh hepar. Fungsinya untuk membentuk garam empedu yang berguna untuk mencerna lemak. Tanpa kolesterol lemak dalam tubuh atau yang kita makan tidak akan ada gunanya.

Dalam keadaan normal biasanya kolesterol dalam tubuh adalah kurang dari 200mg/dl. Bagi myQers yang kolesterolnya pernah mencapai 200-240 mg/dl, berhati-hatilah karena termasuk dalam kategori resiko sedang. Bagaimana bila lebih dari 240 mg/dl? Tinjau ulang makanan kesukaan myQers, dan rajinlah konsultasi ke dokter karena kemungkinan besar myQers termasuk resiko tinggi. Untuk wanita hamil biasanya akan mengalami peningkatan tetapi kemudian kembali normal 1 bulan setelah melahirkan. Bagi myQers yang mempunyai anak, perhatikan makanan/jajanan anak. Di Amerika, obesitas pada anak merupakan momok yang menakutkan bagi banyak orang tua. Kebanyakan mengkonsumsi makanan “junk food” bisa mengakibatkan peningkatan kolesterol pada anak. Berbeda pada orang dewasa, kolesterol pada anak berkisar 130-170 mg/dl. Beresiko tinggi bila mencapai lebih dari 185 mg/dl.

Peningkatan kolesterol terjadi pada hiperkolesterolemia, arteriosklerosis, pangkreatektomi, diabetes mellitus yang tidak terkontrol, stres berat (apa lagi bila jodoh tak kunjung datang), suka mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol (telur, daging berlemak, coklat, kelapa dll) serta kehamilan pada trimester ketiga. Kadar tinggi tidak baik tapi bukan berarti semakin kadar rendah semakin baik. Hipertensi, malabsorbsi dan kelaparan bisa menyebabkan kadarnya sangat rendah.

Bila sudah terlanjur tinggi, ada beberapa tips yang mampu menurunkan kadar kolesterol:
1. yang utama menghindari makanan dan minuman yang mengandung lemak, minyak dan yang mengandung kolesterol tinggi.
2. memperhatikan makanan tidak menjamin kolesterol akan normal. Olahraga juga diperlukan agar kolesterol dapat dikeluarkan dengan cepat
3. memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Semua buah dan sayuran mengandung serat mampu mencegah peningkatan kadar kolesterol. Konsumsi bawang putih 1 siung perhari mampu menurunkan kolesterol 9 persen perbulan. Tempe yang mengandung niasin dan isoflavin juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Teh yang menagandung EGCG (epigallocatechin gallate). Alpukat yang banyak mengandung asam lemak tidak jenuh mampu menundukan kolesterol jahat (LDL=Low Density Lipoprotein). Yang sedikit lebih elit adalah blueberry. Serta masih banyak lagi.

Diet yang seimbang disertai dengan pola hidup sehat mempu menjaga agar kolerterol tidak menjadi jahat. sehingga myQers tidak perlu meninggalkan hobi kulinernya.
Wallahu'alam

daftar istilah
arteriosklerosis : penyumbatan pembuluh darah, dalam keadaan parah bisa menyebabkan stroke
diabetes mellitus : Kencing manis
hepar : Hati
Junk food : Sebutan untuk makanan yang rendah nilai gizi. biasanya kaya karbohidrat tetapi miskin zat gizi lainnya.
Obesitas : Kegemukan
Malabsorbsi : Gangguan penyerapan makanan oleh tubuh
Hipertesi : Tekanan darah tinggi
Pengkreatektomi : Pengangkatan pangkreas

No comments: