Saturday, August 7, 2010

Oh Virus Sality....

Sebelumnya saya sendiri sebelumnya belum pernah berurusan dengan virus satu ini. Saya baru menyadari ketika komputer kantor mulai terasa lambat, padahal sudah pakai 2 anti virus. Memang sih salah satu anti virusnya tidak saya update karena gagal terus (tadinya dipikir antivirusnya bermasalah, ternyata ini merupakan kerjaan si virus). Sedangkan antivirus yang satunya ternyata tidak dapat mendeteksi . Masalah terjadi ketika mau memindahkan data dari komputer tersebut ke komputer lainnya. Ketika menjalankan flashdisk ke komputer baru, avira berbunyi. Tadinya saya pikir bukan virus karena itu program yang saya mau gandakan dan jumlah kb nya sama. Maka saya ignore, kemudian tetap dijalankan aplikasi dari flashdisk tsb. Dan yang terjadi selanjutnya adalah avira berbunyi terus menerus serta mengkarantina semua program aplikasi di komputer baru. Saya coba masuk ke task manager, ternyata tidak mau. Oh tidak, komputer terkena virus....
Walaupun selalu update, ternyata avira tidak bisa memperbaiki aplikasi yang terinveksi virus. Akibatnya semua aplikasi yang terinfeksi dikarantina dan semua program tidak bisa jalan. Tetapi untungnya avira memberikan info bahwa virus tersebut bernama sality. Saya mencoba berbagai antivirus ternyata gagal mendeteksi bahkan ada yang gagal instal gara-gara situsnya diblokir sama virus tsb.
Setelah cari kesana-kemari ciri-ciri komputer yang terinfeksi virus tersebut antara lain
- Folder Options di disable,terutama superhiddennya,jadi super hidden sudah ditampilkan tapi tetap tidak kelihatan filenya.
- Task Manager dan Registry Editor di Disable,dan merubah value pada registry,intinya registrynya banyak yang error.
- Tidak bisa menginstal Antivirus,dan tidak bisa mengakses situs situs antivirus,bagi yang sudah terinstal antivirus biasanya tidak bisa di update Otomatis,karena situsnya di blok oleh virus tersebut.
- Firewall di disable dan banyak file service/process yang sedang berjalan dimatikan,terutama file filenya Antivirus.
- Merestart Komputer jika kita mengakses Registrynya dengan program lain,misalkan dengan Tune up Registry Editor.
- Tidak dapat masuk ke safe mode
Karena antivirus yang terkenal (dan gratis tentunya) tidak mampu mengatasi virus ini. Maka saya mencoba mencari anti virus khusus untuk virus sality. Ternyata saya menemukan satu antivirus yang bisa mengatasi virus nakal ini. Ukuranya kecil tetapi bermanfaat. Ketika digunakan lebih dari 200 file terinfeksi bisa diperbaiki. Huff, selamat saya. bila berminat silahkan unduh disini Karena ini komputer kantor euy.
Cara penggunaannya mudah, cukup jalankan program tsb. Untuk hasil maksimal coba dijalankan melalui safe mode. Selain menggunakan file diatas dapat juga menggunakan file ini. Semoga bermanfaat.

No comments: