Wednesday, August 4, 2010

Struktur Tubuh

Desain tubuh manusia begitu rumit, canggih dan unik. Secara struktural, tubuh manusia bisa dibagi menjadi 8 tingkatan mulai dari yang terkecil sampai yang dapat dilihat oleh mata :
1. Atom.
Stuktur dasar dalam sebuah materi. Semua benda (hidup maupun mati) di dunia ini. Struktur dasarnya adalah atom. Contoh dari atom adalah Karbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (O)
2. Molekul.
Sekelompok atom (minimal dua atom) yang saling berikatan sangat kuat (kovalen)dalam susunan tertentu, bermuatan netral dan stabil. Contohnya bila 2 atom Hidrogen bergabung dengan 1 atom Oksigen maka akan membentuk 1 molekul H2O yaitu air. Sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari air.
3. Organela.
Struktur terkecil yang ada dalam sel. Contohnya mitokondria. Untuk lebih lengkapnya bisa lihat disini
4. Sel.
Merupakan unit terkecil, yang hidup dari mahluk hidup. Contohnya sel otak, sel darah merah (eritrosit),
5. Jaringan.
Gabungan sel-sel yang mempunyai bentuk / struktur dan fungsi yang sama membentuk suatu ikatan. Pada manusia dan hewan jaringan tubuh meliputi jaringan otot (berfungsi agar tubuh bisa bergerak), jaringan tulang (sebagai penompang tubuh dan tempat melekatnya jaringan lain), jaringan epitel (fungsinya melindungi permukaan organ), jaringan ikat (seperti namanya, fungsinya untuk mengikat jaringan satu dengan yang lain) dan jaringan darah (salah satu fungsinya menyuplai makanan)
6. Organ.
Merupakan kumpulan beberapan jaringan yang melakukan fungsi tertentu dalam tubuh. Misalnya jantung fungsinya memompa darah yang terdiri dari (antara lain) jaringan otot, epitel dll
7. Sistem organ.
Merupakan gabungan dari beberapa organ tubuh yang membentuk suatu fungsi yang sama. Misalnya sistem organ pencernaan yang melibatkan mulai dari mulut sampai anus (sepertinya akan saya bahas dilain waktu karena cukup panjang)
8. Organisme.
Adalah kumpulan dari sistem organ yang saling berkaitan dan mempengaruhi sedemikian rupa sehingga berfungsi secara stabil. Ciri-ciri sesuatu dikatakan organisme adalah memerlukan makan, tumbuh dan berkembang, “bernafas” dan berkembang biak.
Itulah 8 tingkatan yang membentuk manusia, semua saling berkait mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar.

No comments: