Sunday, April 25, 2010

Jenis-Jenis Vaksin Berdasarkan Cara Pembuatannya

Pembuatan vaksin dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dari kebutuhan dan sifat dari si penyebab penyakit. Berikut adalah 4 jenis vaksin berdasarkan cara pembuatannya :

1. Vaksin hidup yang dilemahkan.
Beberapa vaksin, seperti vaksin untuk measles (campak), mumps (gondongan) dan chickenpox (varicella), menggunakan virus hidup yang telah dilemahkan. Vaksin jenis ini mengakibatkan reaksi antibodi yang kuat, dan kadang-kadang hanya membutuhkan satu dosis untuk mendapatkan kekebalan seumur hidup.


2. Vaksin Inaktifasi.
Jenis vaksin lainnya yakni berasal dari bakteri atau virus yang telah dimatikan (di-inaktifasi). Vaksin polio dibuat dengan cara ini. Vaksin jenis ini pada umumnya lebih aman dari vaksin hidup karena organisme penyebab penyakit tersebut tidak dapat bermutasi kembali menjadi penyebab penyakit, seperti statusnya sebelum dimatikan

3. Vaksin Toxoid
Beberapa jenis bakteri menyebabkan sebuah penyakit dengan cara memproduksi toksin yang menyerang dalam aliran darah. Vaksin toxoid, seperti vaksin difteri dan tetanus, menggunakan toksin dari bakteri yang telah ‘diamankan’ untuk memberikan kekebalan terhadap toksin

4. Acellular and Subunit Vaccines
Vaksin jenis ini dibuat dengan hanya menggunakan bagian dari suatu virus atau bakteri. Vaksin hepatitis dan vaksin Haemophilus influenzae type B dibuat dengan cara ini.

No comments: