Wednesday, November 30, 2011

Petechie


Sebuah petechia (diucapkan / kiə ː pɨti /, petechiae jamak ) adalah merah sebesar ±1-2mm atau ungu spot kecil pada tubuh, disebabkan oleh perdarahan minor (pecah kapiler pembuluh darah). Petechia merupakan salah satu dari tiga kelompok utama purpura kulit. Petechia umumnya digunakan untuk merujuk pada  kelompok terkecil dari tiga kelas purpura letusan kulit, yang diukur kurang dari 3mm.



Penyebab paling umum petekiae adalah melalui trauma fisik seperti serangan keras dari batuk, muntah atau menangis, yang dapat mengakibatkan petechia wajah, terutama sekitar mata. Petechia dalam hal ini benar-benar tidak berbahaya dan biasanya hilang dalam beberapa hari. Petechia mungkin merupakan tanda trombositopenia (jumlah trombosit menurun) ketika fungsi trombosit dihambat (misalnya, sebagai efek samping obat atau selama infeksi tertentu), atau defisiensi faktor pembekuan. Dapat juga terjadi ketika tekanan yang berlebihan diterapkan pada jaringan (misalnya, ketika tourniquet diterapkan pada ekstremitas pada pemeriksaan rumpel leede) Adanya petechiae harus selalu cepat diselidiki, karena dapat diartikan sebagai vaskulitis (peradangan pembuluh darah) yang memerlukan pengobatan segera untuk mencegah kerusakan permanen. Beberapa keganasan juga dapat menyebabkan petechiae untuk muncul. Pentingnya
petechiae pada anak tergantung pada konteks klinis di mana mereka muncul. Petechiae pada anak-anak
dapat terjadi dengan infeksi virus. Dalam hal ini, tidak selalu menandakan penyakit serius. Namun sinyal dari beberapa penyakit serius seperti meningococcemia, leukemia, demam berdarah dengue (DBD) dan penyebab beberapa penyakit tertentu. Oleh karena itu, kehadiran petechiae tidak boleh diabaikan.

No comments: